Dekranasda Mengadakan Pelatihan Pembuatan Sasirangan Khas Kabupaten Kotabaru

OKKY SANDI CAHYONO, ST Kamis, 19 Juli 2018 34 Kali

Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Kotabaru merupakan salah satu organisasi mitra pemerintah daerah Kabupaten Kotabaru yang mendukung visi misi pemerintah Kabupaten Kotabaru dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten kotabaru, salah satunya adalah dengan ikut membantu instansi yang terkait yaitu Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian dengan ikut berperan serta dalam menumbuhkan IKM-IKM baru.

Pada tahun 2018 ini Dekranasda Kab. Kotabaru marencanakan pelatihan pembuatan sasirangan khas Kotabaru yang terbagi dalam 3 (tiga) angkatan, dimana angkatan 1 (pertama) sudah dilaksanakan di Showroom Dekranasda Kab. Kotabaru pada tanggal 03 sampai dengan 10 Juli 2018 yang diikuti oleh 15 peserta dari Kab. Kotabaru. sedangkan untuk angkatan ke 2 dan ke 3 akan dilaksanakan kemudian.

Pada acara pelatihan pembuatan sasirangan khas Kab. Kotabaru, acara tersebut langsung dibuka oleh ketua Dekranasda Kab. Kotabaru Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar, dimana pada sambutan beliau, beliau berharap setelah pelatihan sasirangan dilaksanakan, diadakan pembinaan pembinaan dari instansi terkait, agar para calon IKM baru bisa memproduksi kain sasirangsn sendiri. terlebih lagi bisa berinovasi dengan motif motif khas Kab. Kotabaru, sehingga bisa bersaing dengan sasirangan dari Daerah lain.

Gayung bersambut, dikutip dari sambutan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian Bapak Ir. H. Zuhairil Anwar, M. Si, beliau berharap para peserta yang sudah dilatih agar terus berlatih untuk meningkatkan kemampuan masing masing peserta, dan diharapkan para IKM bisa bekerjasama dan membentuk kelompok agar Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Perindustrian lebih mudah dalam membina dan membantu para IKM.

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian sendiri akan terus berusaha menumbuhkan dan melakukan pembinaan IKM-IKM baru, yang salah satunya adalah IKM sasirangan. dan beliau berharap kain sasirangan khas Kab. Kotabaru sudah ada di pasaran pada tahun ini.(Isna)


Berita Terkait