KUNJUNGAN KERJA DARI DINAS PERDAGANGAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

M. YUNUS Kamis, 04 Nopember 2021 38 Kali

Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kotabaru menerima tamu kunjungan kerja dari Dinas Perdagangan provinsi Kalimantan selatan pada hari Jum’at tanggal 22 Oktober 2021.  

Adapun agenda kegiatan dalam kunjungan ke Diskoperindag Kotabaru yaitu :

  1. Inventarisasi data pelaku usaha ekspor tidak langsung (indirect export) secara digital dalam upaya peningkatan pembinaan pelaku ekspor salah satunya ke Perusahaan Misaja Mitra Kotabaru, adapun informasi yang didapatkan yaitu “ekspor komoditas perikanan Kotabaru beberapa bulan ini mengalami kenaikan baik volume maupun nilainya. Pada bulan agustus naik 124% disaat komoditi dan produk lainnya mengalami penurunan justru komoditi perikanan mengalami kenaikan meski hanya 2.21 %” . Adapun perikanan yang diekspor adalah udang, ikan tenggiri, ikan tongkol, kepiting dan lain sejenisnya. Jenis udang yang diekspor oleh Misaja Mitra kotabaru diantaranya : Udang pink, udang windu dll.

Selain ke Perusahaan Misaja Mitra Kotabaru juga dilanjutkan ke tambak budidaya udang di Desa Sarang Tiung dan pembibitan udang oleh Dinas Perikanan Kotabaru .

  1. Kegiatan monitoring bahan kebutuhan pokok di Pasar Kemakmuran , hal ini untuk mengetahui harga- harga kebutuhan pokok yang ada dipasar tradisional khususnya pada saat pandemi covid-19 sehingga apabila terjadi kenaikan harga akibat wabah tersebut dapat dicarikan penyebab dan solusi dari kenaikan harga tersebut.(yns)

KOMENTARI BERITA INI

Berita Terkait