Pelatihan Pengolahan Kerajinan Tempurung Kelapa

OKKY SANDI CAHYONO, ST Senin, 06 Agustus 2018 34 Kali

Kerajinan merupakan produk yang harus disentuh dengan seni dalam proses pembuatannya, termasuk dalam mengolah tempurung kelapa.

Kerajinan tempurung kelapa di Kalimantan Selatan belum ada yang memproduksi sebagaimana di pulau Jawa, sehingga peluang usaha ini cukup menjanjikan sebagai penambah penghasilan dan meningkatkan ekonomi masyarakat, hal ini disampaikan pada sambutan Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Industri Agro di acara pembukaan pelatihan pengolahan kerajinan tempurung kelapa senin tanggal 23 Juli 2018.

Adapun pelatihan pengolahan kerajinan tempurung kelapa ini diikuti sebanyak 25 peserta dari berbagai Kecamatan, diantaranya Kecamatan Pulau Laut Utara, Pulau Sebuku dan Pulau Laut Tanjung Selayar, dan narasumber yang mengajar selama pelatihan berlangsung berasal dari Yogyakarta yaitu dari Yanti Bathok Craft, dengan produk yang dihasilkan selama pelatihan berupa tas tangan, tempat tisu, taplak meja, tirai dan lain lain dengan harga jual bervariasi antara Rp. 150.000,-s.d Rp. 450.000,-.

Pelatihan itu sendiri dilaksanakan selama 6 hari yang bertempat di Showroom Dekranasda Kabupaten Kotabaru, dimana pelaksana kegiatan ini adalah Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian Kabupaten Kotabaru.

Diharapkan dengan ilmu yang di dapat selama pelatihan ini, dapat dimanfaatkan oleh peserta sehingga bisa menumbuhkan IKM baru khususnya IKM kerajinan tempurung kelapa.(Isn)


Berita Terkait