GRATIS !!!, SERTIFIKASI HALAL BAGI IKM

OKKY SANDI CAHYONO, ST Minggu, 18 Desember 2022 37 Kali

Hai sobat industri..

Tahukah kamu !!!

Beberapa waktu yang lalu tepatnya pada bulan Maret sd bulan Juli 2022 diadakan program pemerintah, yaitu 25.000 sertifikasi halal gratis bagi IKM maupun UMKM di seluruh indonesia.

Pada program tersebut, Badan Penyelenggara Jamin Produk Halal (BPJPH) yang memiliki tugas dan fungsi melaksanakan penyelenggaraan jaminan produk halal sesuai dengan amanat Undang-undang No. 33 Tahun 2014, dan menunjuk Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin sebagai salah satu Halal Center di Propinsi Kalimantan Selatan.

Pada bulan Mei 2022, Halal Center UIN Antasari Banjarmasin mengadakan pelatihan bagi pendamping Produk Halal Di Provinsi Kalimantan Selatan melalui Zoom Meeting, dan pada Pelatihan Batch 2 tersebut 6 (enam) orang Aparat Perindustrian di Provinsi dan di masing-masing Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan baik ASN maupun Non ASN mengikuti pelatihan tersebut, termasuk aparat perindustrian Kabupaten Kotabaru.

Pada pelatihan Pendamping Produk Halal (PPH) yang dilaksanakan selama empat hari langsung dilakukan postest, sehingga langsung didapat hasil akhir bagi yang lulus pelatihan dan mendapat sertifikat sebagai PPH, dan berhak untuk mendampingi para IKM yang ingin mengurus sertifikasi Halal secara gratis.

Pada pelatihan Batch 2 tersebut, 1 (satu) orang aparat perindustrian Kabupaten Kotabaru yang bernama Noor Hikmah Isnani, ST, lulus sebagai PPH sehingga diperkenankan untuk mendampingi IKM yang ingin mengurus sertifikasi halal secara gratis sebagai pendamping produk halal.

Dan pada sertifikasi halal pada bulan Maret s/d Juli 2022 (tahap 1), ada 5 IKM yang sudah masuk sidang fatwa pada proses sertifikasi halal, dan 2 IKM yang sudah terbit sertifikat Halal. Semoga IKM - IKM yang lain bisa mendaptkan sertifikasi halal secara gratis juga pada program berikutnya.

Bagi IKM - IKM yang ingin mendapatkan informasi mengenai sertifikasi Halal bagi Produknya, dapat menghubungi Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kotabaru, Up. Bidang Perindustrian. (Isn)


Berita Terkait