Pelatihan Kerajinan Anyaman Purun di Kabupaten Kotabaru Tahun 2018

OKKY SANDI CAHYONO, ST Kamis, 25 Oktober 2018 32 Kali

Dalam rangka mewujudkan visi misi Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian Kabupaten Kotabaru, pada tahun ini Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian Kabupaten Kotabaru melaksanakan pelatihan kerajinan anyaman purun yang bertempat dibalai latihan kerja Kotabaru.

Adapun pelaksanaan pelatihan kerajinan anyaman purun, dilaksanakan pada tanggal 16 sd 20 Oktober 2018, dengan jumlah peserta 30 orang pengrajin anyaman purun yang berasal dari kecamatan Kelumpang Selatan.

Pada pelatihan kerajinan anyaman purun ini diberikan materi berbagai inovasi dalam mengolah anyaman purun. Yang diajarkan oleh instruktur dari luar daerah, dimana menurut mereka bahwa produk anyaman purun seperti bakul dan tikar yang sudah turun temurun di buat oleh penduduk di Kecamatan Kelumpamg Selatan memiliki kualitas ekspor, sehingga sangat memungkinkan untuk bisa di ekspor.

Adapun produk yang dihasilkan pada pelatihan ini, diantaranya berupa Tas, Dompet, Cluth dan Tempat Tisu dengan berbagai model. Para peserta sangat antusias dan semangat dalam mengikuti pelatihan ini karena menurut mereka, mereka mendapatkan tambahan ilmu dalam berinovasi dengan anyaman purun serta memiliki harapan untuk kedepannya bisa mengekspor produk mereka.

Acara Pelatihan Kerajinan Anyaman Purun ini langsung dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian Kabupaten Kotabaru Bapak Ir. H. Zuhairil Anwar, M. Si. Dimana beliau berharap setelah pelatihan selesai, peserta bisa memproduksi sendiri produk anyaman purun dengan berbagai kreasi dan inovasi, dengan tetap memperhitungkan kulitas dan harga, agar bisa bersaing dengan produk produk dari luar daerah, juga diharapkan menjadi sentra anyaman purun dengan kualitas ekspor di Kabupaten Kotabaru sehingga dapat meningkatkan ekonomi para pengrajin anyaman purun. (Isn)


Berita Terkait