PELATIHAN PEWARNAAN ALAM SASIRANGAN KEGIATAN PEMBINAAN DAN OPERASIONAL DEKRANASDA DI KABUPATEN KOTABARU TANGGAL, 23 S/D 26 NOVEMBER 2020

OKKY SANDI CAHYONO, ST Senin, 21 Desember 2020 22 Kali

 

Pemeritah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Kotabaru dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kotabaru melaksanakan kegiatan fasilitasi bagi industri kecil terhadap pemanfaatan Bahan dari alam, dengan pelatihan pembuatan kain sasirangan yang bertujuan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) para pelaku usaha industri kecil. 

Pelatihan pembuatan kain sasirangan ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak bagi para pelaku industri kecil khususnya masyarakat kabupaten kotabaru. Adapun warna alam dan limbah yang dihasilkan pembuatannya ramah lingkungan.

Kegiatan yang telah berlangsung ini dihadiri oleh 20 orang peserta, dengan menghadirkan instruktur perajin sasirangan warna alam Bapak Arif Wicaksono, A.Md, SE dari yogyakarta, menurut beliau penggunaan warna alam tersebut bahannya mudah didapat disekitar lingkungan, dan warnanya tidak kalah dari warna sintetis. Misalnya untuk warna abu – abu dapat diambil dari buah ketapang, warna kuning dapat diperoleh dari kunyit, dan warna coklat dapat diambil dari kayu ulin., selain itu harganya murah dan mudah didapatkan di sekitaran lingkungan. (Ansari Firdaus)


KOMENTARI BERITA INI

Berita Terkait