PELATIHAN KERAJINAN ANYAMAN PANDAN LAUT DI KABUPATEN KOTABARU TANGGAL, 1 S/D 3 DESEMBER 2020

OKKY SANDI CAHYONO, ST Senin, 21 Desember 2020 28 Kali

Pemeritah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Kotabaru, khususya bidang Perindustrian melaksanakan kegiatan fasilitasi bagi masyarakat kotabaru Selama 3 hari tentang kerajinan anyaman pandan laut.

 Pelatihan dihadiri oleh 20 orang peserta dari desa belacanandengan instrukur pelatihan Ibu Habsah dari pulau kerayaan yang mengajarkan keterampilan menganyam pandan laut menjadi berbagai barang kerajinan. Menurut penjelasan beliau, Pandan laut adalah sejenis perdu yang banyak tumbuh di tepi pantai, setiap bagian pandan laut dapat dimanfaatkan bernilai ekonomis dan daunnya yang tebal merupakan bahan baku yang baik untuk kerajinan anyaman.

 Anyaman pandan laut dapat dibentuk menjadi bermacam – macam produk, mulai dari kotak tisu, tas, tudung saji dan berbagai macam olahan kerajinan anyaman lainnya. Selain ketersediaan bahan baku yang berlimpah, pembuatan kerajinan anyaman pandan laut juga relatif mudah. Sebelum diolah, daun pandan terlebih dahulu dijemur di bawah matahari. Setelah kering durinya dihilangkan dan daun diserut menjadi helaian kecil. Kemudian daun bisa diberi pewarna sehingga lebih menarik, serta diberi pengawet agar tahan lama.(Ansari Firdaus)


KOMENTARI BERITA INI

Berita Terkait