Menumbuhkan IKM Kabupaten Kotabaru Melalui Bimtek Olahan Pangan Berbasis Ikan

OKKY SANDI CAHYONO, ST Senin, 28 Mei 2018 94 Kali

Dalam rangka menumbuhkan industri kecil dan menengah di Kabupaten Kotabaru, Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan telah mengadakan Bimtek Olahan Pangan Berbasis Ikan di Kabupaten Kotabaru yang dilaksanakan selama 4 hari dimulai dari tanggal 09 sampai dengan 12 Mei 2018 di Hotel Galery dan Showroom Dekranasda Kabupaten Kotabaru.

Bimtek olahan pangan berbasis ikan di ikuti oleh 20 peserta dari 2 Kecamatan di Kabupaten Kotabaru yaitu Kecamatan Pulau Laut Utara dan Pulau Laut Timur. Penanggung jawab pelaksanaan bimtek ini adalah dari Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan yang di bantu oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian Kabupaten Kotabaru, dimana anggaran untuk pelatihan ini berasal dari Kementrian Perindustrian. Adapun pelatih/instruktur yang membimbing peserta selama pelatihan adalah tenaga ahli yang didatangkan dari Balai Besar Industri Agro Kota Bogor, yaitu Bapak Yaya dan Ibu Sugesti.

Dikutip dari pidato Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Industri Agro pada acara pembukaan, bahwa fokus atau target kegiatan bimtek ini adalah meningkatkan wawasan dan keterampilan teknis produksi pengolahan pangan berbasis ikan kepada masyarakat yang ada di sekitar pantai sehingga bisa menjadi komoditas unggulan lainnya selain kerupuk dan amplang.

Diharapkan peserta yang telah diberikan bekal ilmu saat pelatihan, bisa menerapkan ilmunya untuk menumbuhkan usaha baru maupun mengembangkan produk yang sudah ada. Beberapa produk yang dihasilkan pada bimtek olahan pangan berbasis ikan diantaranya : abon ikan, dendeng ikan, kerupuk ikan, sosis ikan, nuget ikan, otak-otak dan kaki naga. Dan acara bimtek olahan pangan berbasis ikan ditutup oleh Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian Kabupaten Kotabaru Bapak Anang Muhammad Zen, ST, MT. (isna)


Berita Terkait